KEBIJAKAN PRIVASI LAYANAN PENDANAAN BERSAMA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DANAMERDEKA
(“Kebijakan Privasi”)

Privasi Anda sangat penting bagi Kami.

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kami memperoleh, mengumpulkan, menggunakan, memberikan, mengungkapkan, menyimpan, mengamankan, menghapus segala informasi dan data yang diperoleh dari atau sehubungan dengan akses terhadap atau penggunaan Layanan (“Informasi Yang Diperoleh"). Penggunaan terminologi yang diawali dengan huruf kapital pada Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama seperti yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan, kecuali diatur secara khusus dalam Kebijakan Privasi ini.

Kami menghormati privasi Anda dan berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami ketika menggunakan Layanan. Dengan memberikan Data Pribadi ketika menggunakan Layanan, Anda setuju atas pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi yang tertuang dalam Kebijakan Privasi ini serta mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami. Dengan berinteraksi, mengirimkan informasi, menggunakan, atau mendaftar untuk setiap produk atau mengakses dan/atau menggunakan Layanan, anda (“Anda") atau (“Pengguna") mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca, memahami serta menyetujui untuk mematuhi Kebijakan Privasi ini bersama dengan Syarat dan Ketentuan yang menjadi satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan. Dalam hal Anda tidak setuju dengan Kebijakan Privasi ini, Anda berhak untuk tidak mengakses dan/atau tidak menggunakan Layanan.


  1. PEROLEHAN ATAU PENGUMPULAN INFORMASI
    1. Pada saat Anda menggunakan Layanan, Kami mengumpulkan dan memperoleh Informasi yang Diperoleh.Informasi Yang Diperoleh meliputi Data Pribadi yang terdiri dari nama, alamat, tanggal lahir, nomor ponsel, alamat email, rekening bank, identifikasi (termasuk KTP, SIM, atau Paspor) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, kewarganegaraan, informasi keuangan terkait, serta informasi biometrik (termasuk pengenalan wajah serta sidik jari) dan data lainnya yang dianggap perlu. Selain itu, untuk informasi seperti profil pribadi, dan/atau nomor pengenal unik, yang dikaitkan atau digabungkan dengan Data Pribadi Anda, dan informasi lainnya yang Anda berikan secara langsung maupun tidak langsung yang terkumpul secara otomatis karena akses dan/atau penggunaan Layanan.

    2. Selain Kami dapat memperoleh atau mengumpulkan Informasi yang Diperoleh, setiap Anda menggunakan Layanan atau Aplikasi DANAMERDEKA, Kami juga dapat memperoleh atau mengumpulkan informasi lainnya berupa:

      1. Informasi tertentu terkait transaksi yang Anda adakan antara lain, informasi yang terkait dengan sumber dana yang Anda gunakan sehubungan dengan Fasilitas Pinjaman (termasuk rincian rekening bank), rincian rekening penerima penarikan/akun penarikan atau penyelesaian pembayaran, layanan dan/atau barang yang ditransaksikan, jumlah yang Anda peroleh dari setiap transaksi, riwayat transaksi (termasuk detail penerima), riwayat penyelesaian pembayaran, rincian tagihan, nomor telepon, apabila Anda menggunakan Layanan dan/atau ketika Anda memperoleh Pinjaman atau melakukan tindakan sehubungan dengan penyediaan Fasilitas Pinjaman.
      2. Data teknis tertentu sehubungan dengan penggunaan Anda dan perangkat yang Anda gunakan, seperti antara lain, kami dapat melacak dan mengumpulkan informasi lokasi geografis Anda dalam waktu sebenarnya (dalam beberapa kasus, Anda dapat diminta untuk mengaktifkan Global Positioning System (GPS) pada perangkat seluler Anda agar Kami dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan Layanan dan/atau Aplikasi DANAMERDEKA), alamat protokol internet, durasi setiap kunjungan/sesi, identitas perangkat internet atau alamat kontrol akses media, dan mobile advertising ID dan informasi perangkat lainnya termasuk informasi mengenai produsen, model, dan sistem operasi dari perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Aplikasi DANAMERDEKA. Anda dapat menonaktifkan informasi pelacakan lokasi geografis pada perangkat seluler Anda sesuai dengan pengaturan pada masing-masing perangkat seluler. Perlu dicatat bahwa penonaktifan tersebut dapat mempengaruhi Layanan dan pengalaman Anda dalam menggunakan Aplikasi DANAMERDEKA.
    3. Perolehan atau pengumpulan Data Pribadi Anda serta informasi lainnya dari Anda, dapat diadakan melalui cara sebagai berikut:

      1. Penyerahan langsung oleh Anda, seperti antara lain: pada saat Anda mengajukan Pinjaman atas Fasilitas Pinjaman, pada saat Anda menandatangani dokumen sehubungan dengan penyediaan Fasilitas Pinjaman atau berpartisipasi dalam aktivitas apa pun yang diselenggarakan oleh Kami, pada saat Anda menghubungi Call Center atau Customer Service Kami, dan pada saat Anda melakukan pemutakhiran (update) atas Data Pribadi Anda yang sebelumnya telah disimpan oleh Kami.
      2. Perolehan atau pengumpulan secara otomatis dari aktivitas-aktivitas yang Anda lakukan pada Aplikasi DANAMERDEKA atau pada aplikasi lainnya yang menyediakan Layanan.
      3. Perolehan atau pengumpulan secara otomatis dari pelaksanaan transaksi yang Anda lakukan dengan menggunakan Layanan.
      4. Perolehan atau pengumpulan Data Pribadi Anda dari pihak ketiga (termasuk agen, vendor, pemasok, kontraktor, mitra dan pihak lain yang memberikan layanan kepada Kami atau Anda dan/atau melakukan tugas atas nama Kami). Untuk kasus ini, Kami hanya mengumpulkan Data Pribadi Anda sehubungan dengan tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama Kami dengan pihak ketiga tersebut guna semata-mata memenuhi kebutuhan yang kami dan pihak ketiga tersebut merasa berguna untuk Anda.
      5. Perolehan dan pengumpulan dengan cara lainnya dan dari sumber mana pun sebagaimana tersedia dan sepanjang tidak dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Anda dengan ini mengetahui dan setuju untuk menyediakan dan mengizinkan Kami untuk memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda dan/atau data atau informasi terkait lainnya dengan cara yang dimaksud pada ketentuan di atas untuk tujuan-tujuan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi ini.

    5. Anda wajib selalu memastikan bahwa Data Pribadi yang Anda serahkan kepada Kami adalah Data Pribadi yang benar, lengkap, akurat, dan tidak menyesatkan. Anda harus memberitahukan Kami apabila terdapat perubahan pada Data Pribadi Anda sebelum perubahan tersebut berlaku efektif.

    6. Setiap ketidaklengkapan, ketidakabsahan, dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi yang dikirimkan kepada Kami dapat merupakan kegagalan untuk mematuhi persyaratan hukum atau ketidakmampuan Kami untuk menyediakan layanan kepada Anda. Selanjutnya, Anda dengan ini membebaskan Kami dari seluruh konsekuensi yang timbul dari kelalaian atau kesalahan Anda dalam menjaga kebenaran, kelengkapan, dan akurasi Data Pribadi Anda, dan kegagalan Anda untuk menjaga validitas, kelengkapan, keakuratan Data Pribadi yang dikirimkan kepada Kami.

  2. PENGGUNAAN INFORMASI YANG DIPEROLEH
    1. Kami dapat dan dapat menunjuk pihak lain menggunakan (termasuk di dalamnya mengolah dan menganalisis) Informasi Yang Diperoleh termasuk di dalamnya Data Pribadi yang Kami dapatkan tentang Anda untuk tujuan-tujuan berikut ini maupun untuk tujuan lain yang diizinkan oleh Hukum yang berlaku:

      1. mengidentifikasi dan mendaftarkan Anda sebagai Pengguna dan/atau Penerima Dana, termasuk memfasilitasi atau melakukan verifikasi apa pun yang menurut pertimbangan Kami diperlukan untuk kepentingan permohonan untuk memperoleh Pinjaman dan/atau penerapan prinsip mengenal nasabah (Know Your Customer/KYC);
      2. membuat, mengadministrasikan, memverifikasi, menonaktifkan dan/atau mengelola Akun Anda;
      3. menyediakan Layanan;
      4. memberikan notifikasi atau informasi terkait akses atau penggunaan Akun, Layanan, dan/atau Aplikasi DANAMERDEKA, termasuk segala pembaruan atau perubahan pada Layanan dan/atau Aplikasi DANAMERDEKA, informasi untuk keperluan pemasaran dan informasi lainnya yang Kami anggap berguna untuk Anda;
      5. menangani keadaan darurat terkait keselamatan Anda apabila Anda dalam keadaan darurat;
      6. memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur interaksi atau komunikasi dengan Kami melalui Layanan, termasuk layanan untuk menjawab saran, permintaan, keluhan dan/atau pertanyaan;
      7. mengupayakan agar isi, konten, dan segala informasi pada Layanan ditampilkan dengan cara yang paling efektif bagi Anda dan perangkat elektronik atau seluler yang Anda gunakan;
      8. memantau dan/atau menganalisis penggunaan dan pengelolaan Layanan demi mendukung efisiensi dan efektivitas Layanan dan fungsi-fungsi di dalamnya, termasuk pola penggunaan Layanan serta aktivitas, perilaku dan data demografis dari Pengguna, termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan atau fitur yang tersedia di dalam Layanan;
      9. memperbaiki, meningkatkan kualitas, dan/atau mengembangkan Layanan;
      10. melakukan proses dan fungsi bisnis atau kegiatan usaha lainnya oleh Penyelenggara dan/atau afiliasinya yang dilakukan secara wajar dan patut;
      11. memberikan bantuan sehubungan dengan upaya penyelesaian terhadap masalah operasional dan teknis pada Layanan;
      12. mencegah, mendeteksi dan/atau menyelidiki segala kegiatan yang dilarang, tidak sah, tidak sesuai hukum atau merupakan suatu bentuk kecurangan apa pun yang mungkin terjadi dalam penggunaan Layanan (termasuk namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian dan pencucian uang).;
      13. menghasilkan informasi dan data hasil analisa dalam rangka pengujian, penelitian, analisis, pengembangan produk, kemitraan komersial dan kerja sama;
      14. Mengembangkan, meningkatkan, menambah dan/atau menyediakan produk untuk menunjang kebutuhan Anda seperti untuk identifikasi pengguna, verifikasi, penilaian kredit dan/atau profil risiko;
      15. Menghubungi Anda dan/atau mengirimkan informasi yang mungkin berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layananatau produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda;
      16. tujuan administratif lainnya seperti audit;
      17. menjaga keamanan dan keberlangsungan Layanan;
      18. membantu pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Kami, untuk tujuan pelacakan kontak, mendukung inisiatif, kebijakan atau program pemerintah, kesehatan publik dan tujuan lainnya sebagaimana dibutuhkan secara wajar;
      19. tujuan proses hukum dalam bentuk apa pun antara Anda dengan Kami, atau antara Anda dengan pihak lainnya, sehubungan dengan, atau terkait dengan Layanan, untuk keperluan proses hukum tersebut; dan/atau
      20. memungkinkan Penyelenggara mematuhi semua kewajiban berdasarkan Hukum yang berlaku.
    2. Penggunaan Informasi Yang Diperoleh akan dilakukan oleh Penyelenggara sesuai dengan Hukum yang berlaku.

  3. PEMBERIAN DAN PENGUNGKAPAN INFORMASI YANG DIPEROLEH KEPADA PIHAK KETIGA
    1. Kami terkadang diharuskan untuk memberikan dan mengungkapkan (termasuk di dalamnya menampilkan, mengumumkan, mengirimkan dan/atau menyebarluaskan) Informasi Yang Diperoleh kepada pihak ketiga. Anda dengan ini menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada Kami untuk menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarluaskan serta memberikan akses atas Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi kepada:

      1. Pemberi Dana;
      2. Perusahaan anggota grup Kami dan perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi dengan anggota grup Kami untuk pemasaran, penelitian, analisis dan pengembangan produk dan/atau layanan yang disediakan oleh Kami dan/atau oleh afiliasi atau grup Kami, serta kerja sama bisnis antara Kami dengan afiliasi atau grup Kami.
      3. Pihak ketiga yang memberikan layanan kepada Kami dalam menyediakan layanan Kami untuk Anda (termasuk untuk meningkatkan kinerja dan kualitas Layanan, mengembangkan fitur-fitur atau layanan pada Penyelenggara serta layanan dan produk Kami lainnya, mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, penginputan memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, riset, survei, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk) dan sehubungan dengan tujuan di mana pihak ketiga tersebut terlibat untuk melaksanakan pengungkapan kepada pihak ketiga terkait yang secara teknis diperlukan untuk memproses transaksi Anda atau tujuan kerja sama Kami dengan pihak ketiga tersebut yang dapat mencakup diperbolehkannya pihak ketiga tersebut untuk memperkenalkan atau menawarkan produk atau layanan yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda, melakukan autentikasi terhadap Anda atau menghubungkan Anda dengan akun atau melakukan kegiatan lain termasuk pemasaran, penelitian, analisis dan pengembangan produk dan/atau layanan.
      4. Entitas-entitas dengan siapa Kami memiliki hubungan referensi bisnis atau perjanjian-perjanjian komersial lainnya.
      5. Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, perusahaan asuransi, pemerintah dan pihak berwenang atau instansi lainnya termasuk AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) sebagai asosiasi yang ditunjuk secara resmi oleh otoritas pemerintahan yang berwenang dan pengelola FDC (Fintech Data Center) di mana Kami berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan, permintaan yang sah, dan hukum yang berlaku, peraturan atau pengaturan komersial, termasuk pengaturan dengan asosiasi industri lain yang relevan.
    2. Entitas-entitas yang terlibat dalam penggabungan, pengambilalihan, usaha patungan dengan Kami dan/atau corporate actions lainnya sehubungan dengan Kami.

    3. Kami dapat memberikan atau mengungkapkan Informasi Yang Diperoleh dalam hal dipersyaratkan berdasarkan penetapan atau putusan pengadilan, perintah atau keputusan dari institusi yang berwenang, Hukum yang berlaku, atau dalam hal terjadi proses hukum atau pengambilan tindakan pencegahan lebih lanjut sehubungan dengan aktivitas yang tidak sah atau tidak berwenang, atau dugaan tindak pidana atau pelanggaran hukum.

    4. Kami dapat menghilangkan bagian-bagian tertentu dari Data Pribadi yang dapat mengidentifikasikan Anda sehingga menjadi data anonim, dan mengungkapkan data anonim tersebut kepada pihak ketiga. Kami juga dapat mengkombinasikan Data Pribadi dengan informasi-informasi lain sedemikan rupa sehingga informasi tersebut tidak lagi terasosiasi dengan Anda, kemudian mengungkapkan informasi yang telah dikombinasikan tersebut kepada pihak ketiga. Anda dengan ini sepakat bahwa Kami berhak untuk selalu menyimpan, mengirimkan, mengungkapkan, memproses, memanfaatkan, dan menghapus/menghancurkan data anonim, mengingat data anonim bukan lagi merupakan Data Pribadi Anda dan tidak lagi dapat diidentifikasikan terhadap diri Anda.

  4. PENYIMPANAN DAN PENGAMANAN INFORMASI YANG DIPEROLEH
    1. Keamanan Informasi Yang Diperoleh adalah hal yang sangat penting bagi Kami dan Informasi Yang Diperoleh hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan dari penggunaannya atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh Hukum yang berlaku.

    2. Kami memastikan bahwa Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami dikumpulkan dan disimpan dengan aman. Kami berupaya dan mengambil langkah-langkah yang secara wajar diperlukan untuk melindungi keamanan Informasi Yang Diperoleh, antara lain melalui penggunaan teknologi untuk mengacak jalur komunikasi antar komputer sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain seperti GeoTrust Secure Socket Layer (SSL). Identitas (ID) Pengguna dan kata sandi (password) digunakan untuk autentikasi akses masuk (login) ke Akun Anda. Namun, Kami tidak dapat sepenuhnya menjamin bahwa sistem Kami benar-benar tidak dapat ditembus oleh virus, malware, gangguan, peretasan, pelanggaran hukum atau akses tidak sah oleh pihak ketiga. Selain itu, harap diketahui bahwa tidak ada metode terkait transmisi data melalui internet, atau metode penyimpanan elektronik yang benar-benar 100% (seratus persen) aman. Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Informasi Yang Diperoleh. Anda mengakui bahwa Kami tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan Informasi Yang Diperoleh apa pun yang Anda kirimkan melalui internet, atau menjamin bahwa Informasi Yang Diperoleh tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami.

    3. Dalam hal Kami membagikan Informasi Yang Diperoleh kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Kami, Anda menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Informasi Yang Diperoleh oleh institusi terkait akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi tersebut dan Kami tidak akan bertanggung jawab atas penyimpanan Informasi Yang Diperoleh.

    4. Anda tidak boleh memberikan atau mengungkapkan identitas (ID) Pengguna dan/atau kata sandi (password) Anda kepada pihak lain mana pun dan harus selalu menjaga keamanan perangkat elektronik atau seluler yang Anda gunakan.

  5. PENGHAPUSAN INFORMASI YANG DIPEROLEH
    1. Anda berhak untuk mengajukan penghapusan Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi untuk tujuan sebagaimana disebutkan di atas (kecuali ditentukan lain oleh Hukum yang berlaku) dengan cara menyampaikan surat elektronik melalui: cs@danamerdeka.co.id untuk informasi lebih lanjut

    2. Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penghapusan tersebut dapat mengakibatkan penghentian pada Layanan.

    3. Selain berdasarkan permintaan Anda, Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi Anda juga dapat dihapus atau dimusnahkan dari sistem penyimpanan Kami, jika:

      1. Tujuan pengumpulan Informasi Yang Diperoleh tersebut tidak lagi dibutuhkan dengan menyimpan Informasi Yang Diperoleh dan penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan bisnis atau secara hukum.
      2. Kami dilarang untuk menyimpan Informasi Yang Diperoleh berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau atas perintah dari otoritas yang berwenang.
    4. Dihapusnya atau dimusnahkannya Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi Anda dalam sistem penyimpanan Kami atau dicabutnya persetujuan Anda untuk Kami menyimpan Data Anda akan menyebabkan Kami tidak dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan Fasilitas Pinjaman dengan menggunakan layanan Kami.

    5. Kami berhak menolak permintaan penghapusan Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi, baik sebagian atau seluruhnya, jika:

      1. Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi Anda telah Kami hapus dalam sistem penyimpanan Kami atas dasar permohonan serupa oleh Anda yang terdahulu, dan/atau permohonan otoritas yang berwenang kepada Kami;
      2. Permintaan Anda tersebut tidak relevan dengan Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi Adnda yang disimpan oleh Kami, seperti, antara lain jika Anda meminta Informasi Yang Diperoleh termasuk Data Pribadi atas pihak lain yang mana Anda tidak berwenang atas Data Pribadi tersebut;
      3. Kami tidak diperkenankan oleh otoritas yang berwenang dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melaksanakan permintaan Anda; dan/atau
      4. Sehubungan dengan penghapusan, pemusnahan, dan/atau pencabutan persetujuan Anda sebagaimana dimaksud pada Kebijakan Privasi ini, Anda dengan ini sepakat bahwa Anda membebaskan Kami dari tanggung jawab dalam bentuk apa pun atas seluruh konsekuensi yang timbul dari penghapusan, pemusnahan, dan/atau pencabutan persetujuan tersebut.
  6. HAK AKSES ATAS DATA PRIBADI
    1. Anda berhak untuk mengakses Data Pribadi yang disimpan pada Perusahaan dengan menyampaikan permintaan akses ke alamat surat elektronik: cs@danamerdeka.co.id.

  7. PERUBAHAN DATA PRIBADI
    1. Anda berhak untuk mengubah Data Pribadi yang disimpan pada Penyelenggara dengan menyampaikan pemberitahuan ke alamat surat elektronik: cs@danamerdeka.co.id.

  8. TAUTAN KE SITUS EKSTERNAL
    1. Aplikasi DANAMERDEKA dapat saja berisi tautan ke situs eksternal. Tautan situs eksternal yang ada di Aplikasi DANAMERDEKA tersebut adalah sepenuhnya bukan milik Kami melainkan milik pengiklan atau pihak ketiga yang memiliki hubungan kerja sama dengan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penggunaan, penyimpanan, penampilan, pengumuman, pengiriman, penyebarluasan, penghapusan dan pemusnahan Data Pribadi Anda oleh pihak eksternal tersebut. Jika Anda memberikan informasi langsung ke situs tersebut, kebijakan privasi serta syarat dan ketentuan situs tersebut akan berlaku, Kami tidak bertanggung jawab atas kegiatan pengolahan informasi atau kebijakan privasi dari situs tersebut.

  9. SURVEI, PEMASARAN, DAN PROMO
    1. Kami dan/atau afiliasi dan/atau anggota grup Kami dan/atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami dapat menggunakan Informasi Yang Diperoleh untuk melakukan survei, mengirimkan Anda pemasaran langsung, iklan, dan komunikasi promosi antara lain melalui push-notification pada Aplikasi DANAMERDEKA, pesan melalui Aplikasi DANAMERDEKA, pos, panggilan telepon, layanan pesan singkat (SMS), platform pesan singkat lainnya, media sosial, dan surat elektronik. Anda dapat memilih untuk tidak menerima komunikasi pemasaran tersebut kapan saja dengan mengklik pilihan “berhenti berlangganan” yang ada dalam pesan yang bersangkutan (jika relevan) atau menghubungi Kami melalui surat elektronik: cs@danamerdeka.co.id. Mohon perhatikan bahwa jika Anda memilih untuk keluar, Kami masih dapat mengirimi Anda pesan-pesan non-promosi, seperti informasi tentang Akun Anda.

  10. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
    1. Anda akan melepaskan, membebaskan, memberikan ganti rugi, dan membela Kami, termasuk setiap pejabat, direktur, karyawan, atau agen Kami dari dan terhadap setiap dan segala permintaan, gugatan, klaim, kerugian, tanggung jawab, kewajiban, biaya, kerusakan, dan ongkos (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum dan pengeluaran biaya ganti rugi) yang dihasilkan secara langsung atau tidak langsung dari:

      1. segala kerugian akibat Data Pribadi yang dicegat, disadap, diakses, dicuri, diungkapkan, diubah atau dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali Kami dan/atau yang bertentangan dengan Kebijakan Privasi ini dan peraturan perundang- undangan yang berlaku, termasuk yang diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian Pengguna; atau
      2. pengumpulan, penggunaan, pemeliharaan, pembagian, atau pengungkapan data dan informasi yang dilaksanakan di situs atau aplikasi yang dimiliki, dikelola dan/atau dioperasikan oleh pihak ketiga.
  11. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
    1. Atas dasar diskresi Kami sendiri, Kami berhak untuk sewaktu-waktu mengubah Kebijakan Privasi ini dengan menyampaikan pemberitahuan kepada Anda. Anda dapat mengakses setiap perubahan Kebijakan Privasi melalui Layanan. Anda dianggap menyetujui dan tunduk pada perubahan Kebijakan Privasi dengan tetap mengakses dan/atau menggunakan Layanan melalui Aplikasi DANAMERDEKA. Anda bebas untuk tidak mengakses atau tidak menggunakan Layanan dalam hal Anda tidak menyetujui perubahan Kebijakan Privasi tersebut.

  12. KEBERLAKUAN
    1. Jika terdapat suatu ketentuan dalam Kebijakan Privasi yang ternyata diketahui melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku, baik sebagian maupun seluruhnya, maka ketentuan yang dianggap melanggar tersebut dikesampingkan dari Kebijakan Privasi dan atas ketentuan lain dalam Kebijakan Privasi tetap berlaku dan mengikat.

  13. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
    1. Kebijakan Privasi ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan tunduk pada hukum negara Republik Indonesia.

    2. Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan setiap perselisihan sehubungan dengan Kebijakan Privasi ini secara musyawarah mufakat. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis oleh salah satu Pihak dari Pihak lainnya tentang timbulnya perselisihan, maka perselisihan dimaksud akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Tangerang.

  14. KONTAK KAMI
    1. Anda dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan terkait dengan Layanan kepada Kami pada setiap Hari Kerja pukul 09:00-17:00 WIB dengan menghubungi customer service Kami melalui nomor 021-50103009 atau melalui surat elektronik ke alamat: cs@danamerdeka.co.id. Untuk menanggapi atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda, Kami akan melakukan verifikasi atas informasi atau data Anda. Kami berhak untuk menolak, memproses atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dalam hal informasi atau data Anda tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera di sistem Kami. Kami akan melakukan verifikasi atas setiap saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dan memberikan tanggapan atau respon sesuai dengan Kebijakan Privasi ini beserta prosedur dan kebijakan internal Kami yang berlaku dari waktu ke waktu setelah memperoleh saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan yang lengkap dari Anda.