Pertanyaan Umum
Aturan main pada Danamerdeka adalah setiap Pendana mendanai langsung kepada Peminjam dan harus dilakukan oleh Pendana sendiri, karenanya Pendana yang lebih cepat akan mendapat kesempatan mendanai Peminjam.
Peminjam
Saat ini Peminjam harus memiliki usaha penjualan pulsa dan merupakan reseller yang terdaftar pada Mitra yang bekerja sama dengan Danamerdeka.
Minimal Rp. 500.000 - Rp. 15.000.000
Jangka waktu pinjaman bervariasi tergantung jenis kebutuhannya, untuk kredit dengan siklus singkat, mulai dari 14 hari sampai 1 bulan.
Bunga pinjaman yang ditawarkan Danamerdeka sangat bersaing tergantung perkembangan pasar.
Biaya yang dibebankan untuk pinjaman adalah biaya administrasi dan biaya bunga, bisa juga biaya administrasi saja yang didalamnya sudah termasuk biaya bunga tergantung dari jenis kreditnya, yang pasti semua biaya dan bunga adalah wajar dan disampaikan / diinformasikan di awal.
Anda dapat melunasi pinjaman lebih awal dan tidak dikenakan denda.
Pembayaran pinjaman baik secara sekaligus maupun angsuran, dapat dilakukan dengan membayar melalui Virtual Account Peminjam.
Boleh, selama masih dalam batas limit yang ditentukan.
Sudah, Danamerdeka sudah terdaftar di OJK dengan no S-5292/NB.111/2017 tanggal 27 Oktober 2017
Setelah Anda menerima batas plafond pinjaman yang diberikan dari Danamerdeka, Anda dapat mengambil pinjaman. Setelah Danamerdeka menerima pelunasan pinjaman Anda, maka Anda sudah dapat mengajukan pinjaman kembali.
Pembayaran pinjaman Danamerdeka dilakukan menggunakan Virtual Account. Anda dapat melakukan pembayaran melalui Internet Banking, Mobile Banking, Mesin ATM, maupun melalui Teller bank manapun.
Pendana
Perorangan atau perusahaan yang memiliki dana untuk dijadikan pinjaman kepada masyarakat sebagai modal usaha
Pendana mendapatkan kembali dananya berupa pokok & pendapatan sesuai dengan produk pinjaman yang didanai.
Pendana harus menunggu sampai dengan pinjaman dikembalikan oleh Peminjam.
Danamerdeka memiliki pengalaman dalam menyeleksi Peminjam dan menggunakan sistem penilaian untuk setiap calon Peminjamnya, dengan memastikan bahwa Peminjam terdaftar sebagai penjual produk Mitra.
Seluruh hasil yang diperoleh Pendana dari Peminjam akan berada di rekening escrow Danamerdeka, dan hanya dapat dialihkan sesuai dengan instruksi dari Pendana.
1. Pendana melakukan registrasi dengan meng-klik menu "Daftar" yang terletak di website Danamerdeka lalu klik "Daftar Sebagai Pendana"
2. Anda mengisi formulir tersebut dengan benar sesuai dengan identitas diri yang terdapat di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pastikan Nama Anda sama dengan nama pada Rekening Bank Anda.
3. Setelah mengisi data diri, Anda diharuskan membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan di baris terakhir formulir tersebut.
4. Setelah Anda melakukan registrasi, Anda akan menerima e-mail verifikasi dan OTP yang merupakan verifikasi untuk keabsahan data registrasi Anda.
1. Apabila Anda sudah terdaftar sebagai Pendana, Anda login terlebih dahulu dan pilih menu "transfer pendanaan".
2. Anda melakukan transfer dana dengan menggunakan nomor virtual account untuk dapat mendanai pinjaman.
Setelah berhasil melakukan transfer dan telah efektif pada ringkasan saldo, Anda dapat melakukan pendanaan dengan Login sebagai Pendana lalu Pilih menu "Pendanaan". Anda dapat memilih Pinjaman sesuai dengan kriteria Anda.
Minimal pendanaan yang dilakukan Pendana adalah sebesar 10% dari nilai pinjaman
Anda Login terlebih dahulu sebagai Pendana dan pilih menu "Tarik Dana". Masukkan jumlah dana yang ingin anda tarik dengan catatan jumlah penarikan tidak boleh lebih dari saldo yang Anda miliki.
Sudah, Danamerdeka sudah berizin di OJK dengan no KEP-48/D.05/2020 tanggal 16 Oktober 2020

Mekanisme Layanan Pengaduan

Layanan Pengaduan Danamerdeka dibentuk dan dikelola sesuai dengan arahan dan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

Dengan diberlakukannya layanan ini sesuai regulasi, Danamerdeka berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dalam rangka menyajikan informasi secara jelas dan terbuka kepada Anda. Pengaduan Anda akan diproses sesuai ketentuan yang ada pada Danamerdeka.

Sebelum mengajukan pertanyaan, keluhan, maupun saran dan kritik, kami menyarankan Anda untuk mempelajari terlebih dahulu rincian Layanan Pengaduan Danammerdeka berikut ini.

JENIS LAYANAN

Whatsapp

Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Staf CS Danamerdeka melalui Whatsapp di nomor 0811 8121 588. Layanan chat ini tersedia dari hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB.

E-mail

Kirimkan pengaduan Anda ke cs@danamerdeka.co.id. Staf kami akan segera merespons sesuai waktu operasional Danamerdeka.

Telepon

Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Staf CS Danamerdeka melalui telepon 021 50103009 pada hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB.

PENYAMPAIAN PENGADUAN DAN PERMINTAAN INFORMASI

Danamerdeka menyediakan layanan bagi para pengguna untuk menyampaikan pengaduan ataupun meminta informasi mengenai produk Perusahaan melalui layanan Customer Service dengan ruang lingkup:

  1. Melayani seluruh pertanyaan, keluhan, maupun saran dan kritik untuk membantu Danamerdeka menjadi lebih baik dalam melayani penggunannya.
  2. Memberikan solusi kepada pengguna sehubungan dengan permasalahan yang disampaikan.
  3. Melakukan klarifikasi kembali atas permintaan informasi dan/atau keluhan kepada Pengguna untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman.

STANDAR WAKTU PENYELESAIAN PENGADUAN

Berdasarkan sifat dan cara penanganannya, jenis pengaduan dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Untuk pemberian informasi atas pertanyaan yang diajukan Pengguna, standar waktu penyelesaiannya adalah maksimal 5 (lima) hari kerja sejak pengaduan diterima.
  2. Untuk pemberian respons dan penanganan atas masalah yang dihadapi pengguna, standar waktu penyelesaiannya adalah maksimal 10 (sepuluh) hari kerja sejak pengaduan diterima.
  3. Untuk pemberian respons dan penanganan atas masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan melibatkan Lembaga pihak ketiga maka akan diselesaikan berdasarkan kesepakatan secara tatap muka dengan Pengguna dalam rangka mengupayakan penyelesaian yang sebaik-baiknya.

KEBIJAKAN PRIVASI LAYANAN PENDANAAN BERSAMA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DANAMERDEKA
(“Kebijakan Privasi”)

Privasi Anda sangat penting bagi Kami.

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kami memperoleh, mengumpulkan, menggunakan, memberikan, mengungkapkan, menyimpan, mengamankan, menghapus segala informasi dan data yang diperoleh dari atau sehubungan dengan akses terhadap atau penggunaan Layanan (“Informasi Yang Diperoleh"). Penggunaan terminologi yang diawali dengan huruf kapital pada Kebijakan Privasi ini memiliki arti yang sama seperti yang digunakan dalam Syarat dan Ketentuan, kecuali diatur secara khusus dalam Kebijakan Privasi ini.

Kami menghormati privasi Anda dan berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami ketika menggunakan Layanan. Dengan memberikan Data Pribadi ketika menggunakan Layanan, Anda setuju atas pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi yang tertuang dalam Kebijakan Privasi ini serta mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga yang bekerja sama dengan Kami. Dengan berinteraksi, mengirimkan informasi, menggunakan, atau mendaftar untuk setiap produk atau mengakses dan/atau menggunakan Layanan, anda (“Anda") atau (“Pengguna") mengakui dan menyetujui bahwa Anda telah membaca, memahami serta menyetujui untuk mematuhi Kebijakan Privasi ini bersama dengan Syarat dan Ketentuan yang menjadi satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan. Dalam hal Anda tidak setuju dengan Kebijakan Privasi ini, Anda berhak untuk tidak mengakses dan/atau tidak menggunakan Layanan baca selengkapnya..